SEJARAH : FONGERS & GAZELLE


Mr Andre Koopmans mengirimkan 4 foto tentang sejarah Fongers :

Hallo mr. Heru,maybe you can give this to a realy Fongers-crazy man, I made photo’s in the old Fongers Archive in Groningen, I send Nino a lot of photo’s.

copy-of-fongers_154.jpg

Mr. A.Fongers sebagai pendiri pabrik sepeda Fongers

copy-of-fongers-150.jpg

di dekade 1880 Fongers memulai produksi sepeda pertamanya di bangunan ini

copy-of-fongers_010.jpg

Pada th 1896 Fongers membangun pabrik baru ,sampai  sekarang bagian depan pabrik ini masih utuh seperti sedia kala

copy-of-fongers-006.jpg

beberapa hari yg lalu. Mr Andre memfoto pabrik Fongers, ngga beda kan sama gambar yang diatas..

Mr. Bas Groot temennya Mr.Andre juga ngga mau kalah ..

doi kasih kita gambar iklan sepeda Gazelle yang diambil  dari buku 1892-1967 : 75 jaar Gazelle (1892-1967 : 75 tahun Gazelle).

post-1.jpg

post-2.jpg

brosur diatas  terbit tahun 1939 yang dipakai utk promosi sepeda di kawasan Hindia Timur (oost Indie), pabrikan Gazelle menyebutnya dengan “Atjeh-Fietsen”.

thanks a lot Mr.Andre & Mr Bas……

About these ads

30 Tanggapan

  1. amazing!!!!

    kaing…kaing…guk guk guk….hhhhhhhh itu mah jaing yak… :D

  2. mas saya juga mau dong foto2 nya…apalagi yang fongers2 nya itu…wah nino juag punya..serbu nino!!

    foto2 fongers aku ngga terima, mungkin di cing Nino… :)

  3. tolong lihatkan lebih banyak lagi gambar sepeda fongers,trimakasih

    mohon maap mas mukodi, saya blom terima gambar2 fongersnya, baru gambar2 di atas aja.. :)

  4. A. Fongers, (Ahmad Fongers yaa..?)

    bukaaann…. :(

  5. pantesan laen kalo di goes….tu iklan emang betul ye cing….ringan.. kokoh..tapi ga mureh…hhhhhhh

    enteng digenjot…berat di kantong… :)

  6. ikut gabung ya..?soalnya paling senang sama yg nama sepeda FONGERS..

    silahkan om Yos… :)

  7. Only the 1896 old front building of Fongers still exists, the rest is broken down years ago…..
    The first name of mr. Fongers was “Albert”, also Albert Fongers.
    Maybe Nino did not receive photo’s ?

    greetings,
    Andre

    thanks for additional info..

    about the photo’s that you send to Nino, I’ll ask him… :)

  8. Mr Koopmans, when u come to Indonesia..? disini juga banyak PAbrik!

    ape urusannye banyak pabrik ?

  9. Menarik menyimak pengetahuan tentang sejarah sepeda kuno.

    bisa dimasukin ke dalam kurikulum pelajaran sekolah ngga ? ;)

  10. apenye yang di talik pa guyu….

    mode *mlongo* on…

  11. E, Mas van k van, yang ditarik adalah
    tayik-nya. Jadi kita bisa saling tarik-menayik, O.K. Insya Allah kita akan bertemu dilain waktu. Kavan-kavan, kita berjumva lagi!!

    amiiin mudah2an kita diberi umur panjang biar bisa ketemuan lagi…

  12. Pak, memang iklan – iklan tempo doeloe itu bagus sekali gambar – gambarnya walaupun cuma poster. kalimatnya sederhana tapi cukup mengena.

    betul om PPS, punya poster2 jadul ?
    kirimin dong om…biar temen2 lain bisa liat… :)

  13. Ngomong-ngomong tentang iklan tempo doeloe, terutama tentang iklan sepeda & sepeda motor, kita bisa lihat dan nikmati di buku Pit Onthel tulisan Mas Hermanu, terbitan Bentara Budaya: Jogjakarta.

    halaman berapa pak guru ?

  14. mas…mas mbahnya yang punya pabrik fongers ya….kayanya cucunya suka maen pilem deh..di..pilem x-man yang kukunya bisa keluar panjang…hihihi( canda )

    kaloe liat apa yang di iklankan jaman dulu kalimatnya begitu polos bersahaja tidak banyak membual tapi apa yang di sodorkan mutu dan kualitas tidak mengecewakanbeda ya ama jaman sekarang…”???%$#

    mas….maksudnya bisa dibikin obor apa ya…

    dibikin obor ? dibakar kali ya he he he sayang atuh….

  15. Jangan mikirin obor… yang penting..
    Potongan molek seperti perawan
    Doedoek diatasnja berasa disoerga.

    Nyem..nyem..

    glegek…glegek… :)

  16. mas-mas pak fongers lahir th brp n meningal th brp?
    mas….!! saya minta fotonya donk sing uapik fotonya diperjelas & diperbuesar.

    pasti mantap yoooooo…..!!!

  17. mas mau nanya nich.. fongers seri 325600 bagus ndak? katanya sich fongers beneran kalo dilihat dari body, pelek dan slebor. Maaf saya ini ndak ngerti merek sepeda bagus. terus saya punya lagi sepeda kuno cuman ukuranya kecil mereknya amstrong. Mohon informasinya.. Terima kasih

  18. kalo bisa dipoto aja sepedanya mas, kirim potonya ke tigadekade@yahoo.com….nanti temen2 bisa kasih masukan…

  19. poster keren…mhuanthafff

  20. trimmmmssss atas sejarahxa..biar kita tahu tentang wawasansejarah sepeda unto!!!!!!!

  21. Wah saya punya sebuah sepeda fongers dirumah, jadi tambah cinta dengan fongersku!

  22. helloo.. saya penasaran dengan sepeda gazelle.. mungkin ada yang bs memberi tahu saya?? trims

  23. thanks ilmunya
    kapan gambar-gambar yg lain …..
    kita tunggu ………………………….

  24. saya minta foto” sejarah sepeda Fongers, dan jenis2 yang diproduksi oleh pabrik Fongers.tq

  25. 1 lagi, saya mau tanya, saya punya sepeda Fongers heren BB serie 55 itu keluaran tahun berapa sih? saya minta info lebih lanjutnya dong?tq

  26. betul kang itu gbr kakenya wolferine…yg di X man, obor yang dimaksud penyemangat kale kang..jadi mengebu-gebu usahanya karena ada sepeda..jaman dulu kan punya sepeda jadi wowowowowo… idola wanita..tet tet tet dot tet.. (mode changcut = ON) :D. dibakar semangatnya

  27. Saya punya fongers dgn no.seri di rangka depan L56 dan model garpu blkng persis seperti BB60. Tolong bagi yg punya informasi tentang fongers jenis ini bsa berbagi dgn onthelist pemula seperti saya

  28. Saya baru suka sepeda onthel sekitar sebulan saat saya diberi sepeda kebo dgn merk “DUGLAS MADE IN HOLLAND”. Namun stlh tanya sana sini ga ada yg tau merk tsb yg diketahui cuma gir dpn punya fongers, pelk araya lama. bagi yg punya info mohon diberi masukan biar tambah cinta ma sepeda kebo. thanks
    salam onthelis

  29. [...] Gazelle adalah pabrik sepeda di Belanda yang terkenal dengan keseriusannya di bidang pemasaran. Salah satu kunci keberhasilan Gazelle adalah dengan menerbitkan iklan atau komik yang disesuaikan dengan daerah pemasarannya. Sebagai negeri yang pernah dijajah oleh Belanda, Indonesia atau dulu dikenal dengan nama Hindia Belanda pun tentunya memiliki iklan atau komik Gazelle yang berbahasa Indonesia. Pada road show de Oude Fiets 15-30 Juli 2011 lalu , salah satu pakar sepeda Belanda membawa materi berupa slide yang aslinya adalah sebuah komik Gazelle berbahasa Indonesia ejaan lama. Komik ini kira2 terbit ditahun 1939 yang dipakai utk promosi sepeda di kawasan Hindia Timur (oost Indie), pabrikan Gazelle menyebutnya dengan “Atjeh-Fietsen”. Saya pribadi pernah mendapatkan sedikit gambarnya dan pernah dimuat di sini : http://cakrawalaindah2.wordpress.com/2007/08/21/fongers-gazelle/ [...]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: