SEPEDA MESIN MADE IN BANTUL


071108asepedabantul.jpg 

Muhammad Wakhid, warga Bantul, Yogyakarta berhasil memodifikasi sepeda kayuh menjadi bermesin. Hasil karya Wakhid ternyata mampu merambah hingga ke mancanegara.

Saat ditemui SCTV di bengkel kerjanya di Desa Wijirejo, Pandak, Bantul, belum lama ini, Wakhid mengaku sudah menekuni usaha ini sejak tujuh tahun silam. Hobi ini bermula dari keisengan Wakhid memasang mesin blower bekas pada sepeda kumbang miliknya. Dari sinilah usaha Wakhid mulai dirintis. Awalnya, sepeda bermesin ini hanya dipesan beberapa rekan dan tetangganya.

Cara kerja sepeda mesin buatan Wakhid cukup sederhana. Mesin blower dua tak berkapasitas 35 CC yang mudah didapat di toko alat pertanian dipasang di bawah rangka sepeda. Agar sepeda tetap bisa dikayuh ditambahkan satu gear depan yang berputar saat mesin dihidupkan.

Layaknya sepeda motor, sepeda bermesin ini juga punya gas pengatur kecepatan dan tangki bahan bakar mini berkapasitas dua liter bensin. Untuk menambah kenyamanan Wakhid menambahkan suspensi depan dan bawah tempat duduk dengan sedikit merubah rangka sepeda.

Permintaan akan produk Wakhid cukup tinggi karena didukung harga yang relatif murah sekitar tiga juta rupiah. Selain konsumen lokal hasil kreativitas Wakhid kini sudah merambah ke Australia. Namun karena belum ada tenaga kerja yang membantu, dalam sebulan Wakhid hanya mampu memproduksi tiga buah sepeda mesin. Selain itu, keterbatasan modal juga menjadi kendala Wakhid memasarkan produknya.(IAN/Ferry Aditri)

sumber : Liputan6.com

About these ads

32 Tanggapan

  1. Bagus banget idenya Pak, tapi koq akhirnya sama, keterbatasan modal yang jadi kendala. Jika dikembangkan akan jadi aset Bantul, dan menjadi lapangan pekerjaan yang bagus

  2. wah unik sekali, tapi dipikir2 masih bagus sepeda onthel biasa, klo memang ingin sepeda bermesin ya tinggal beli motor aja. lagipula untuk perjalanan jarak jauh lebih efektif motor ketimbang sepeda bermesin

  3. regone piro .. :)

  4. iya mas, regane piro … :grin:

  5. hiks..buka mata ini hanya di Indonesia

  6. kreatib juga ya orang bantul. coba dikembangin lebih lanjut, diseriusin biar bisa dipatenkan.

  7. iye..ntar keburu ada yg merampok karyanya…. :P,

  8. wuiiih….
    kreatif bangedh…

    alamat lengakap di mana mas…?
    atauw nomor telpon sekalian dunkz…
    aku kepingin dholan ke mas Muhammad Wakhid…
    sapa tau harga cocok, bisa bawa satu sepeda ke Semarang..

  9. horass… maju terus dan dikembangin lagi untuk mesin 4 tak agar tidak polusi ning regane sing murah tur apik…..

    setuju…hidup jogjah… :D

  10. (herr, di/pada Nopember 9th, 2007 pada 1:19 am Dikatakan:
    wah unik sekali, tapi dipikir2 masih bagus sepeda onthel biasa, klo memang ingin sepeda bermesin ya tinggal beli motor aja. lagipula untuk perjalanan jarak jauh lebih efektif motor ketimbang sepeda bermesin) ouated

    kalo kita beli motor kita juga harus byr pajakan kan? kalo saya pribadi bikin sepeda pake mesin ( yg jarak tempuh terbatas)
    memang tuk jarak dekat aja, kalo mau jalan jauuuh…. emang mendingan naik motor,mobil atau nge-bis…

  11. salut mas u karya nya, tolong dikasih info untuk harga nya dan cara pengirimannya sekalian, saya tunggu konfirmasi dari mas, salam onthel selalu ……

  12. wah asik mas ……. buat jalan sore .

  13. Yo kembangno Kang Wakhid mogo-mogo kreatip lan pikiran cemerlangmu iso gawe wangine kuto jogja.

  14. waw… keren juga tuh

  15. kalau mau pesan buat di jakarta sekalian biaya kirim berapa ya..????

  16. kang apik men sepedane,,,,,pengen sih tapi jauh kang pontianak….salam wae yo kang nggo wonge dewe

  17. harganya berpa pkdhe???
    trus di mana alamatnya njenengan???
    siapa tahu harga cocok…

  18. hrgane piro pakdhe???
    alamtnya di mana?
    barangkali cocok….

  19. mencari mesinnya saja kira-kira dimana dan berapa harganya ? krn saya punya sepeda kumbang nganggur, mau saya modif….

  20. kalau memang perlu modal tolong hubungi saya , dan saya orang asli yogya yg mboro nang jakarta.

  21. bagus juga ne… saya juga minat kapan2 ke rumah mas wakhid ne..ada yg mo ikut?

  22. mas saya pngen tau tu speda pke msin pha???

  23. Mas aku juga mau ngerakit ni ….
    tolong bantu ya mas …. tu pake mesin apaan toh ???
    Kok bisa bagus gitu …

  24. ada yg tahu no hp mas Wakhid?kalo ada tolong sms ke hp saya di 085868724675,matur nuwun

  25. mas, misale sepedaku wae sing dirakit piye, bisa / tidak, soale aku wis seneng sepedaku

  26. alamatnya mana bos? sangat menggairahkan

  27. Sy sungguh bangga dgn kreatifitas anak bangsa. Sy pengin pesan roda tiga. Brp harganya ? Brp lama selesainya ? Bgmn cara pengirimannya ? Bgmn cara pembayarannya ? Tks Salam suksesss…

  28. mantep sepedanya. kreatif

  29. I drop a comment whenever I appreciate a article on a website or I
    have something to contribute to the conversation. Usually it
    is caused by the sincerness displayed in the article I looked
    at. And after this post SEPEDA MESIN MADE IN BANTUL | WONG-CILIK#2.
    I was actually excited enough to drop a thought :
    -P I do have a couple of questions for you if it’s allright. Could it be just me or does it look as if like some of the responses appear as if they are left by brain dead folks? :-P And, if you are writing at other sites, I’d
    like to keep up with you. Could you make a list all of all your community sites like your twitter feed, Facebook
    page or linkedin profile?

  30. Harap cari tau info lebih lgkp lagi ttg beliau..! Jgn lgsg dipercaya.

  31. Mas, Aku anak Rangkasbitung-Banten, asik juga klu punya speda ontel pake mesin….bisa order sepeda nya ga tolong kirim harga n cara pesannya ke email. abdulkodir2009@gmail.com ditunggu ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: