• Blog Stats

    • 197,006 hits
  • Agustus 2011
    S S R K J S M
    « Apr   Des »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    293031  

SPAKBOR PUTIH


Sejarah Panjang Kenapa Spatbord Belakang berwarna Putih ?

Gazelle tandem

bermula pada tanggal 20 September 1935, sebuah dekrit dari pemerintah kerajaan belanda mengeluarkan peraturan untuk mewarnai/mencat spatbor belakang putih di setiap sepeda untuk keamanan berkendara. Akibat peraturan itu, banyak pesepeda yang mengeluh, banyak juga yang menuruti dan langsung mencat putih sepedanya. yang merasa berdosa adalah pemilik sepeda-sepeda istimewa seperti Sunbeam dan Fongers, mereka tidak tega mencat sepeda kesayangannya berwarna putih, namun pabrikan tersebut melakukan transfer/tukar spatbord, jadi tidak usah mencat, melainkan ditukar dengan yang orisinal cat pabrikan.

Di tahun 1935, sosialisasi peraturan ini dianggap provokatif, bahkan semua surat kabar menulis tentang hal ini. salah satu organisasi sepeda belanda (CBR) menentang tindakan ini. Mereka mengatakan, sebuah peraturan yang sangat tidak efektif dan “menodai tiga juta sepeda di netherland” (koran Leeuwarder Courant, 7 Oktober 1935).

Langkah itu diperjuangkan juga melalui protes dan proses hukum. bahkan berjuang hingga tingkat Mahkamah Agung untuk memprotes peraturan tersebut, dari sebuah artikel ANWB 22 Februari 1936 mengabarkan bahwa keputusan Mahkamah Agung tetap mempertahankan aturan tersebut, dan mengatakan spatbord putih diperlukan juga pada siang hari. namun ANWB tetap keberatan, terutama karena turis asing akan menghindari Belanda akibat peraturan ini.(dikarenakan turis asing dieropa memakai sepeda dan enggan memasuki belanda jika harus mencat sepedanya)

Koran Leeuwarder menulis pada 25/04/1936 “Kami ingin mengatakan bahwa sekarang, pemrotes spatbord putih agak mereda, perjuangan itu tidak menghasilkan apa-apa selain pengetahuan bahwa protes ini gagal untuk kebaikan lalu lintas sepeda di malam hari agar lebih aman. apa ada yang mencoba solusi lain?, kita tidak tahu, mungkin ada yang lebih solutif dari aturan spatbord putih.. yaitu, dengan mengkombinasikan lampu belakang merah atau dengan reflektor merah agar spatbord lebih enak di pandang, selain itu, tidak ada orang yang dilayani. “

Sampai akhirnya pada tanggal 1979/1/11 Kombinasi lampu belakang atau reflektor merah diharuskan, begitu juga dengan spatbord putih. namun dalam konteks undang-undang Uni Eropa, sejak tahun 1992 aturan tersebut tidak lagi diperlukan. hanya Batavus dan gazelle yang masih melakukan aturan spatbord putih dalam beberapa modelnya

_____________________________________

disadur dari tulisan Jos Rietveld di Majalah De Oude Fiets Edisi ke 4/2010

naskah : Fahmi Saimima

property : Gazelle Tandem (Andre Koopmans)

ajang diskusi : dari sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: